Strategi Komunikasi Pemasaran Digital dalam Membangun Customer Trust @Ricellystore Via Instagram
Abstract
Abstrak
Selain digunakan untuk bersosialisasi saat ini media sosial Instagram juga digunakan sebagai media untuk promosi dan transaksi jual beli. Terjadinya berbagai penipuan dalam transaksi online menjadikan preseden yang dapat merugikan para pelaku usaha online tersebut. Dalam bertransaksi online membangun trust menjadi salah satu langkah penting yang harus dilakukan oleh pelaku usaha, terlebih bagi pelaku usaha yang baru merintis usahanya. @Ricellystore merupakan pelaku usaha online baru yang bergerak pada sektor gawai bekas, namun mereka mampu membangun kepercayaan dalam waktu relatif singkat dengan angka penjualan yang meningkat signifikan setiap bulannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi komunikasi pemasaran digital yang dilakukan @Ricellystore di Instagram dalam membangun customer trust. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, dimana data diperoleh melalui metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Strategi komunikasi @Ricellystore dimulai dengan memperkuat Perceived web vendor reputation dan Perceived web quality, menjadikan toko mereka reachable and available, mempunyai adding value, dan memaksimalkan unpaid promotion dengan kekuatan word of mouth (WOM) dan reseller dari customer mereka.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Abidin, Z & Triono, L. D. (2020). Fresh frozen fish consumer behavior: effect of the mix and trust marketing on buying interest, purchase decision and customer satisfaction in E-commerce, silly fish Indonesia. https://art1lib.org/ireader/83838267
Akbar, R. S. (2019). Peran Media Sosial Dalam Perubahan Gaya Hidup Remaja. Universitas Airlangga.
Alwafi, F., & Magnadi, R. H. (2016). Pengaruh persepsi keamanan, kemudahan bertransaksi, kepercayaan terhadap toko dan pengalaman berbelanja terhadap minat beli secara online pada situs jual beli tokopedia.com. Diponegoro Journal of Management, 5(2), 1–15.
Chandrruangphen, E., Assarut, N., & Sinthupinyo, S. (2022) The effects of live streaming attributes on consumer trust and shopping intentions for fashion clothing. Cogent Business & Management, 9:1, 1-29. https://doi.org/10.1080/23311975.2022.2034238
Chi, C. (2009). The Impact of Brand Awareness on Consumer Purchase Intention: The Mediatong Effect of Perceived Quality and Brand Loyalty. The Journal of International Management Studies.
Cleverley, W. O., & Cleverley, J. O. (2010). Cost Reduction Identifying the Opportunities.
Creswell, J.W. (2016). Research Design: Pendekatan Metode Kualitatif, Kuantitatif, dan Campuran (4th ed.). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Ernawati, N., & Suarna, I. F. (2018). Analisis kesadaran merek minuman isotonik di kota bandung. Jurnal EKUBIS (Ekonomi, Keuangan & Bisnis). 3(1), 47-65.
Essawy, M. (2006). Testing the Usability of Hotel Websites: the Springboard for Customer Relationship Building. Information Technology and Tourism.
Firmansyah, M. A. (2020). Buku Komunikasi Pemasaran (Issue July).
Gamble, S. (2016). Visual Content Marketing: Leveraging Infographics, Video, and Interactive Media to Attract and Engage Customers (1st ed.). New Jersey: Willey.
George, J. F. (2004). The theory of planned behavior and internet purchasing. Internet Research. 14(3), 198-212. https://doi.org/10.1108/10662240410542634
Griffin, J. (2003). Costumer loyalty: menumbuhkan dan mempertahankan pelanggan. Jakarta: Erlangga.
Ha, S. & Stoel, L. (2009). Consumer e-shopping acceptance: antecedents in a technology acceptance model. Journal of Business Research. 62(5), 565-571. https://doi.org/10.1016/j.jbusres.2008.06.016
Handayani. (2021). Pengaruh metode pembayaran dan mudahnya transaksi terhadap keputusan pembelian di zalora online shop. UG Jurnal. 15(4), 58-66.
Hastuti, S. (2021). Penerapan cost reduction strategies di masa pandemi covid-19 pada usaha kecil menengah (umkm) kota bogor. Jurnal Lentera Bisnis. 10(1), 78-102. https://doi.org/ 10.34127/jrlab.v10i1.394
Hoffman, K.D. & Bateson, J.E.G. (2011). Service marketing: Concepts, strategies, & cases (5th ed.). USA: Cengage Learning.
Huang, MH. (2003). Designing website attributes to induce ecperiential encounters. Computers in Human Behavior. 19(4), 425-442. https://doi.org/10.1016/S0747-5632(02)00080-8
Kasmirada, I.G.K., & Wahyuni, I.I. (2022). Strategi komunikasi pemasaran efektif brand aum apparel pada media sosial instagram. Jurnal Ilmu Komunikasi dan Bisnis, 7 (2), 177-195. https://doi.org/10.36914/jikb.v7i2.710
Kotler, P., & Keller, K. L. (2014). Marketing Management (13th ed.). London: Pearson Pretice Hall.
Kresnadi, L. (2019). Temperatur Pasar. https://id.linkedin.com/pulse/temperatur-pasar-made-rai-lintang-kresnadi
Kurniawan, G. (2017). Peran Word of Mouth, Kepercayaan, dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Kain Batik pada Pengrajin Kampoeng Batik Jatis-Sidoarjo (1st ed.). Mitra Sumber Rejeki.
Li, R., Kim, J., & Park, J. (2007). The effects of internet shoppers’ trust on their purchasing intention in china. Journal of Information Systems and Technology Management, 4(3). 269-286. https://doi.org/ 10.4301/S1807-17752007000300001
Mcknight, D. H., V., Choudhury., & Kacmar, C. J. (2002). The Impact of Initial Trust Consumer on Intention To Transact With A Website: A Trusting Building Model. The Journal of Strategic Information System. 11(3-4), 297-323. https://doi.org/10.1016/S0963-8687(02)00020-3
Mohansyah, A., & Parani, R. (2018). Digital Online Dan Trust Dalam Hubungan Antara Tokopedia Dengan Pengguna Layanan. LONTAR: Jurnal Ilmu Komunikasi, 6(1), 58-68. http://dx.doi.org/10.30656/lontar.v6i1.649
Mowen, J. C., & Minor, M. (2012). Perilaku konsumen. Jakarta: Erlangga.
Mulia & Elvie. (2014). Cost reduction strategies: mengoptimalkan efisiensi dan efektivitas biaya jangka panjang perusahaan. PT. Elex Media Komputindo.
Ningsih, S. (2020). Strategi Membangun Customer Trust Pada Online Shop Dikalangan Mahasiswa Milenial. Dinamis: Journal of Islamic Management and Business, 3(1), 1-9. https://doi.org/10.24256/dinamis.v3i1.1576
Priansa, D. J. (2017). Perilaku Konsumen dalam Bisnis Kontemporer (1st ed.). Bandung: Alfabeta.
Puspitawardani, C. (2014). Pengaruh kepercayaan dan komitmen nasabah terhadap loyalitas nasabah tabungan bank danamon di sidoarjo.
Rachman, R., & Oktavianti, R. (2021). Pengaruh kepercayaan konsumen terhadap loyalitas pelanggan dalam penggunaan sistem pembayaran online (survei penggunaproduk unipin). Prologia, 5(1), 148-153. https://doi.org/10.24912/pr.v5i1.8200
Rahman. (2010). Manajemen pemasaran. Alfabeta.
Rashid, Y., Rashid, A., Warraich, M.A., Sabir, S.S., & Wasem, A. (2019). Case Study Method: A Step-by-Step Guide for Business Researchers. International Journal of Qualitative Methods, 18, 1-13. https://doi.org/10.1177/1609406919862424
Rizky, N., Setiawati, S.D. (2020). Penggunaan media sosial instagram haloa café sebagai komunikasi pemasaran online. Jurnal Ilmu Komunikasi, 10(2), 177-190. https://doi.org/10.15642/jik.2020.10.2.177-190
Zahra, R., Rina, N. (2018). Pengaruh celebrity endorser hamidah rachmayanti terhadap keputusan pembelian produk online shop mayoutfit di kota bandung. Jurnal Lontar, 6(1), 43-57. https://doi.org/10.30656/lontar.v6i1.648
DOI: https://doi.org/10.36914/jikb.v8i2.898
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Jurnal Ilmu Komunikasi dan Bisnis
Publisher: Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi dan Sekretari Tarakanita Copyright